//
you're reading...
Artikel Terbaru

Jenis-Jenis Penyakit Pohon Mangga.

Penyakit Antraknose (Colletotrichum sp.)

colletotrichum gloeossporoides (phyllachorales:phyllacoraceae)

Gejala :

Pada aun terjadi bercak-bercak tidak teratur dengan ukuran kurang dari 5 mm,kecuali jika terjadi penggabungan bercak tersebut.pusat bercak sering pecah sehingga menyebabkan bercak berlubang, daun yang sakit kering dan gugur. Serangan pada tangkai pada daun dapat menyebabkan daun rontok dan layu.pada batang muda bercak-bercak berwarna kelabu yang bisa berkembang dan menggelangi batang yang dapat menyebabkan matinya bagiann yang terserang. pada bagian bunga terjadi bintik-bintik kecil berwarna hitam terutama pada keadaan cuaca lembab dan dapat menyebabkan rontoknya sebagiann atau seluruh kuncup bunga.pada buah0buah yang matang terlihat gejala khas yaitu bercak-bercak hitam pada bagian kulit,yang sedikit demi sedikit melekuk dan menyebabkan daging buah membusuk.

Morfologi patogen :

Patogen memiliki hifa berseptat,warna hyalin dan kemudian berubah menjadi berwarna gelap.aservulus banyak terbentuk pada bagian tanaman yang sakit kecuali pada buah. Konidia berentuk seperti bulat telur dengan bagian ujung yang membulat,tidak bersepta dengan warna hialin,patogen dapat bertahan pada ranting sakit atau di pohon atau di permukaan tanah.pada cuaca lembab dan berkabut patogen membentuk konidia.bagian tanaman yang pertumbuhannya cepat lebih rentan terhadap serangan patogen ini.

Pengendalian :

- Pemangkasan bentuk tanaman sehingga memungkinkan sinar mmatahari masuk ke dalam tajuk tanaman

- Sebaiknya jarak tanam mangga tidak terlalu rapat terutama pada saat pembibitan sanitasi ranting yang mati setelah masa pemanenan.

- Aplikasi fungisida dilakukan apabila daun mengalami gugur,gejala terjadi pada malai bunga dan kondisi lingkungan yang menguntungkan bagi perkembangan penyakit. Hujan turun secara terus menerus selam 1-2  hari sehingga kelembapan menjadi tinggi.

- Pencelupan buah dengan air hangat (55 C) atau air hanagat ditambahkan fungisida benomil (500 ppm) / diabendazol (90 ppm) selam 5 menit sebelum pengepakan.

Penyakit Kulit

Botrydiplodia ; Botrrydiplodia theobromae pat

Gejala :

Pada bagian tanaman terserang timbul belang atau cabang mengeluarkan blendok (getah hitam), jika kulit dikelupas kerusakan dapat mencapai jaringan kayu. Serangan parah menyebakan kulit berwarna gelap,kemudian mengering dan agak mengendap selanjutnya pecah dan menjadi kepingan kecil . bagian yang sakit menjadi luka yang terbuka atau kanker. Cabang yang terserang berat bisa mati.penakit ini biasanya timbul pada pangkal batang dan cabang-cabang yang mendadak menrima sinar mataharipenu antara lain karena pemangkasan terlalu berat.patogen ini dapat menyebabkan matinya ujung tanaman pada rantuing tanaman,juga dapat menyebabkan busuk lunak pada buah.

Penyakit ini menyerang mangga di beberapa negara yaitu malaysia,filifina,thailand,srilangka,fiji,amerika serikat,peru,hawai dan indonesia.

Morfologi patogen :

Cendawan bersel 1,hialin pada saat muda dan kemudian setelah dewasa konidium bersel 2 dan berwarna gelap.patogen dapat mempertahankan diri pada ranting-ranting dan kulit canag yang terinfeksi .penyinaran matahari secara penuh dan mendadak pada pangkal cabang yang disebabkan oleh pemangkasan yang terlalu berat dapat mendrong perkembangan patogen.

Pengendalian :

-       Menghindari pemangkasan  tanaman terlalu berat

-       Sanitasi terhadap sisa – sisa tanaman yang mungkin menjadi sumber inokulum.

-       Pengapuran pangkal batang

-       Menutup bagian tanaman yang luka pada waktu pemangkasan denmgan klorox

-       Pengelupasan kulit bagian tanaman yang terserang selanjutnya dilakukan penguasan denga menggunakan fungisida yang efektif.

Bercak daun hitam bersudut

Jamur Stigmina mangifirae

Gejala :

Pada daun terdapat bercak-bercak kecil dengan garis tengah 1-2 mm,bulat atau bersudut,berwarna hitam kecoklatan dikelilingi holo klorotis yang sangat jelas,tampak jelas bila daun sakit dilihat menggunakan cahaya yang  menembus, beberapa bercak dapat bersatu membentuk bercak yang lebih besar dan bersudut.

Cara penyebaran : spora disebarluaskan oleh angin.apabila menempel pada inang yang cocok maka spora akan berkembang.

Morfologi patogen :

Patogen membntuk konidium yang terdiri dari 3-7 sekat melintang pada sisi bagian bawah daun yaitu pada bagian bercak yang berwarna gelap,selanjutnya jamur membentuk stroma yang berwarna gelap. Kemudian konidium dibentuk satu-persatu pada ujung konidiofor,konidium terlepas dan mnempel pada tempat baru,berkembang menyebakan tanaman berbercak dan membentuk konidium baru.patogen ini lebih senang menyerang pada daun muda,meski daun tua juga dapat dinfeksi.kelembapan akan berakibat pada rontoknya daun.

Pegendalian :

-       Pemangakasan bentuk tanaman untuk mengurangi kelembaban pada tajuk tanaman.

-       Penanaman dengan jarak tanam lebar.

-       Pengumpulan daun-daun yan telah gugur yang merupakan sumber inokulum yang kemudian selanjutnya dibakar.

-       Penyemprotan dengan fungisda Benomyl atau karbendazim.

 

About baskara90

Terima kasih kepada siapa saja yang telah membuka blog ini. Saya adalah Hafiizh Baskara. Seorang pria yang terlahir di Jombang pada tanggal 17 Juli 1990. Dari pasangan Suami-Istri yaitu Drs. Adi Rahardjo dan Dra. Surjani Hasana, dan kini beliau berdua memiliki tiga putra. Hafiizh Baskara, Zahdiar Radin, dan Yunia N. Azizah. Untuk saat ini saya sedang melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan - Institut Pertanian Bogor. Dan untuk saat ini penulis sedang duduk di semester lima. Aktivitas lain selain kuliah adalah menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan kecil yaitu "D'art Painting Company". merupakan sebuah perusahaan kecil yang terkonsentrasi di bidang Sepatu Lukis (Painting Shoes) dan di bidang konveksi. Pemuda dengan tinggi badan 187 cm ini menyenangi segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis, IT, dan olah raga. sebuah impian yang selalu ingin di capai untuk saat ini adalah ingin menjadi seseorang yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Desember 2010
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 187 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: