//
you're reading...
Artikel Terbaru

Manfaat minyak cengkeh sebagai hasil olahan lanjutan dari produk agroforestri

Alih fungsi lahan hutan menjadi lahan pertanian kini menimbulkan banyak masalah seperti penurunan kesuburan tanah, erosi, punahnya flora dan fauna, banjir, bahkan pemanasan global. Masalah ini semakin berat ketika luas areal hutan yang dialih fungsikan meningkat. Agroforestri adalah salah satu sistem pengelolaan lahan yang dapat ditawarkan untuk mengatasi masalah – masalah tersebut.

Agroforestri adalah sistem pemanfaatan lahan berkelanjutan untuk meningkatkan total hasil atau keuntungan, baik secara ekonomis maupun lingkungan dengan  menkombinasikan pepohonan dengan tanaman pertanian, tanaman perkebunan, ataupun hewan ternak dalam suatu unit lahan. Berbagai produk dapat dihasilkan dari pengelolaan hutan dengan sistem agroforestri. Selain kayu yang dapat di panen dalam jangka panjang, terdapat tanaman pertanian, perkebunan, ataupun hewan ternak yang dapat dipanen dalam waktu singkat.

Minyak atsiri merupakan salah satu hasil olahan dari produk agroforestri. Minyak atsiri adalah senyawa, yang pada umumnya berwujud cairan, yang diperoleh dari bagian tanaman, akar, kulit, batang, daun, buah, biji maupun dari bunga dengan cara penyulingan dengan uap.

Mesin diesel dapat mengubah energi kimia yang terkandung dalam bahan bakar menjadi tenaga mekanik. Namun sisa pembakarannya mengandung beberapa konstituen yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan, hal ini dikarenakan adanya pembakaran tidak sempurna dari mesin diesel tersebut. Gas-gas yang berbahaya tersebut adalah emisi dari materi partikulat, CO, hidrokarbon, NO2, dan SO2. Alternatif untuk meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar dan untuk mengurangi pencemaran adalah mereformulasi bahan bakar dengan zat aditif yang berfungsi memperkaya kandungan oksigen dalam bahan bakar. Terobosan dalam pemilihan aditif pada bahan bakar adalah aditif organik (bioaditif) yang berasal dari tumbuhan alam. Indonesia merupakan produsen utama beberapa minyak esensial.

Minyak cengkeh dapat larut dalam minyak solar dan hasil analisis terhadap komponen penyusunnya banyak mengandung atom oksigen, yang diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pembakaran bahan bakar dalam mesin. Hal lain yang cukup penting dari struktur ruang senyawa penyusun minyak ini adalah struktur senyawa penyusunnya berbentuk siklis dan rantai terbuka, diharapkan dapat menurunkan kekuatan ikatan antar molekul penyusun solar sehingga proses pembakaran akan lebih efektif. Minyak cengkeh merupakan minyak atsiri yang potensial untuk dimanfaatkan sebagai bioaditif bahan bakar solar karena struktur senyawa penyusunnya, material ini memiliki rantai siklik dan ketersediaan oksigen yang cukup besar. Sehingga minyak cengkeh sangat cocok untuk campuran bahan bakar solar, agar pembakaran lebih maksimal dan pembuangan emisi-emisi gas yang merugikan dapat dihindari.

About baskara90

Terima kasih kepada siapa saja yang telah membuka blog ini. Saya adalah Hafiizh Baskara. Seorang pria yang terlahir di Jombang pada tanggal 17 Juli 1990. Dari pasangan Suami-Istri yaitu Drs. Adi Rahardjo dan Dra. Surjani Hasana, dan kini beliau berdua memiliki tiga putra. Hafiizh Baskara, Zahdiar Radin, dan Yunia N. Azizah. Untuk saat ini saya sedang melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan - Institut Pertanian Bogor. Dan untuk saat ini penulis sedang duduk di semester lima. Aktivitas lain selain kuliah adalah menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan kecil yaitu "D'art Painting Company". merupakan sebuah perusahaan kecil yang terkonsentrasi di bidang Sepatu Lukis (Painting Shoes) dan di bidang konveksi. Pemuda dengan tinggi badan 187 cm ini menyenangi segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis, IT, dan olah raga. sebuah impian yang selalu ingin di capai untuk saat ini adalah ingin menjadi seseorang yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Diskusi

2 thoughts on “Manfaat minyak cengkeh sebagai hasil olahan lanjutan dari produk agroforestri

  1. ehmmm…..
    unik nie ..
    kita 1 marga nle kykx hehehe
    q jg dari f4k.kehutanan..
    slmmm knl z ka’heeee(”-”)

    Posted by NURHAYATI | Desember 18, 2011, 8:06 pm

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Oktober 2010
S S R K J S M
    Des »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
%d blogger menyukai ini: