//
you're reading...
Artikel Terbaru

Kawah Putih (Ciwidey-Bandung)

Kawah putih adalah sebuah kawah dari Gunung patuha dengan ketinggian 2.434 m dpl, yang berjarak 46 km dari Bandung. Selain Kawah Putih yang berada pada ketinggian 2.194 m dpl, di puncak Gunung Patuha masih ada satu kawah lagi, yaitu Kawah Saat yang terletak di puncak bagian barat. Kedua kawah tersebut terbentuk akibat letusan yang terjadi pada abad X dan XII. Kawah Putih merupakan bagian dari kawasan hutan lindung seluas 2.690,5 hektar dengan vegetasi khas kawah antara lain jenis jamuju, cantigi, dan paku-pakuan. Wana wisata Kawah putih dengan luas 25ha, berlokasi di RPH Ciwidey, BKPH Ciwidey, KPH Bandung Selatan, Desa Alam Endah, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Suhu di Kawah Putih berkisar antara 8-22 derajat Celsius. Sumber air yang ada tergantung musim hujan. Kelembaban 90%, sedangkan curah hujan tahunan tercatat antara 3743-4043 mm/tahun.

Nama Patuha sendiri konon berasal dari kata Pak Tua oleh karenanya masyarakat setempat seringkali menyebutnya dengan nama Gunung Sepuh (sepuh artinya tua). Lebih dari seabad yang lalu puncak Gunung Patuha oleh masyarakat dianggap angker, sehingga tak seorangpun berani menginjakanya. Oleh karena itu, keberadaan dan keindahannya pada saat itu tidak sempat diketahui orang.

Misteri Kawah Putih dengan segala keindahannya baru terungkap pada tahun 1837 oleh seorang Belanda peranakan Jerman, bernama Dr. Franz Withelm Junghuhn (1809-1864). Ketika mengadakan perjalanan ke Gunung Patuha, Junghuhn sempat bertanya kepada masyarakat tentang suasana alam yang dirasakannya sangat hening dan sunyi. Dan akhirnya Junghuhn mendapatkan jawaban bahwa, daerah tersebut merupakan daerah angker, sebagai kerajaan jin dan tempat bersemayamnya roh para leluhur. Saking angkernya, burungpun jika terbang di atasnya akan jatuh dan mati. Junghuhn tidak percaya begitu saja, dan pada akhirnya Junghuhn menemukan jawaban setelah menembus hutan sampai akhinya menemukan sebuah danau kawah yang indah. Dari dalam danau itu keluar semburan larva belerang yang menusuk hidung. Ternyata kandungan belerang yang sangat tinggi inilah yang menyebabkan burung enggan terbang di atasnya.

Kawah Putih dikelola oleh Perum Perhutani unit III, yaitu oleh KPH Bandung Selatan. Perum Perhutani mengelola obyek wisata Kawah Putih sejak tahun 1987. Obyek wisata ini menyuguhkan pemandangan yang mengagumkan dan beromset tinggi. Wana wisata ini merupakan wisata harian yang memiliki pemandangan alam berupa hutan alam dan kawah gunung berapi. Wisata harian yang dapat dilakukan adalah lintas alam dan mendaki gunung.Perjalanan menuju Kawah Putih akan disuguhi oleh tegakan pohon eukaliptus yang menjulang tinggi dan mempunyai batang lurus serta jalan yang berkelok-kelok.

Flora dan fauna yang bisa dijumpai di sekitar kawah, seperti tanaman Cantigi dan Lemo, yang berbau harum seperti minyak lawang. Khasiat tanaman Lemo, dapat mengusir binatang berbisa seperti ular. Selain itu terdapat pula tanaman Vaccinium sebagai vegetasi khas daerah kawah. Di sekitar kawah didominasi oleh pohon cantigi dengan tinggi berkisar antara 1,5-2 meter, mempunyai cabang banyak dan daunnya kecil. Di antara pohon cantigi terdapat pakuu-pakuan yang hidupnya berkelompok. Bila kita akan naik ke puncaknya bisa mendapati bunga Eidelweis. Adapun jenis fauna yang sering muncul, antara lain elang, monyet, kancil, babi hutan serta macan kumbang dan tutul.

Jenis pohon yang ada di Kawah Putih cendrung sedikit, karena kondisi lingkungannya yang tidak mendukung pohon tumbuh. Hanya jenis-jenis tertentu saja yang mampu bertahan hidup. Pohon cantigi yang ada disana relatif kerdil, diduga kekurangan hara (tanahnya miskin hara). Semakin jauh dari danau, vegetasi cantigi makin rapat dan tinggi pohonnya relatif tinggi dibandingkan dengan vegetasi cantigi yang ada dekat dengan tepi kawah. Batu-batuanpun banyak terdapat di sekitarnya dan batuan ini merupakan sisa letusan dari Gunung Patuha. Bau belerang di Kawah Putih sangat menyengat, sehingga pengunjung dianjurkan untuk memakai masker agar tidak teracuni oleh bau belerang. Tidak jauh dari Kawah Putih terdapat gua buatan. Alam pemandangan disekitar kawah putih cukup indah dengan air danau berwarna putih kehijauan sangat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau tersebut. Disebelah utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya.

Selain kawah putih terdapat juga danau Patenggang yang berada pada ketinggian sekitar 1600 m dari permukaan laut. Danau Patenggang atau lebih dikenal dengan nama Situ Patenggang oleh masyarakat setempat, menempati areal seluas 150 Ha. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan cagar alam atau taman nasional, namun pada tahun 1981 telah resmi berubah menjadi sebuah taman wisata.

 

About baskara90

Terima kasih kepada siapa saja yang telah membuka blog ini. Saya adalah Hafiizh Baskara. Seorang pria yang terlahir di Jombang pada tanggal 17 Juli 1990. Dari pasangan Suami-Istri yaitu Drs. Adi Rahardjo dan Dra. Surjani Hasana, dan kini beliau berdua memiliki tiga putra. Hafiizh Baskara, Zahdiar Radin, dan Yunia N. Azizah. Untuk saat ini saya sedang melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan - Institut Pertanian Bogor. Dan untuk saat ini penulis sedang duduk di semester lima. Aktivitas lain selain kuliah adalah menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan kecil yaitu "D'art Painting Company". merupakan sebuah perusahaan kecil yang terkonsentrasi di bidang Sepatu Lukis (Painting Shoes) dan di bidang konveksi. Pemuda dengan tinggi badan 187 cm ini menyenangi segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis, IT, dan olah raga. sebuah impian yang selalu ingin di capai untuk saat ini adalah ingin menjadi seseorang yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Desember 2010
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: