//
you're reading...
Artikel Terbaru

Penggunaan Chainsaw

Gergaji tangan pada dasarnya memang mudah digunakan namun pada kenyataannya dilapangan banyak kendala yang dihadapi. Berhubung belum ada standar gergaji rantai untuk penebangan pohon, maka perlu dilakukan penelaahan mengenai kemungkinan pembuatan standar tersebut.

Gergaji rantai digunakan untuk membuat takik rebah dan takik balas, dan untuk memotong bagian-bagian kayu lainnya, baik dalam kegiatan pembersihan cabang, penebangan maupun pembagian batang.

Pada dasarnya gergaji terdiri dari 3 bagian utama, yaitu mesin penggerak, bilah pemadu (penghantar) dan rantai gergaji. Pada tahun 1970-an jenis gergaji yang banyak digunakan adalah gergaji buatan Amerika, seperti Mculloch, Homelite, Pioneer, Echo dsb, tetapi merek-merek tersebut sebenarnya kurang cocok untuk postur orang Asia termasuk Indonesia, disamping itu jenis tersebut bobotnya terlalu berat. Gergaji rantai buatan Eropa merupakan gergaji yang relatif ringan dan kecil, sehingga relatif sesuai untuk ukuran tubuh orang Asia. Merek-merek gergaji buatan eropa antara lain adalah STIHL, Dolmar, Hosquarna, Uran, dsb. Pada saat ini model yang paling umum adalah gergaji yang terbuat dari bahan ringan, kekuatan mesin berkisar antara 10 – 12 HP dan panjang bilah penghantarnya antara 24 – 30 inchi.

Mata rantai harus tipis untuk memberikan gergajian yang baik dengan berat alat yang ideal. Mata rantai dibuat makin ke ujung harus semakin tajam hingga mempermudah penebangan. Beberapa tipe mata rantai yaitu Lance Teeth, Peg Tooth, dan Champion Tooth.

Terdapat hal-hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakan gergaji rantai (Chainsaw), antara lain:

1. Pemasangan keping rantai dan rantai

Untuk memasang keping rantai dan rantainya, tutup pelindung roda rantai perlu dibuka terlebih dahulu dengan melepas mur pada baud kemudian rantai dipasan pada alur keping rantai dengan gigi pengerat pada bagian atas keping rantai mengarah pada ujung.

2. Pengisian bahan bakar

Bahan bakar yang dipergunakan adalah bensin campur dengan perbandingan satu bagian bahan pelumas (SAE 30) dan 25 bagian bensin. Pada gergaji rantai yang baru, selama 40 jam pertama digunakan campuran dengan perbandingan 1:20. Campuran tersebut harus tercampur dengan baik yaitu dengan mengguncang-guncangkan terlebih dahulu sebelum dimasukan ke dalam tangki.

3. Pengisian minyak pelumas rantai

Rantai gergaji harus diberi pelumas agar tidak cepat rusak. Pelumas rantai yang digunakan adalah minyak pelumas SAE 30, tidak diperbolehkan mempergunakan minyak bekas.

4. Menghidupkan dan mematikan mesin

Cara menghidupkan dan mematikan mesin adalah tali starter ditarik perlahan-lahan 3-5 kali agar masuk campuran bahan bakar dan udara. Kemudian ditarik sekaligus sampi mesin hidup. Cara mematikannya adalah menekan tombol posisi off.

5. Pelumasan rantai

Segera setelah mesin hidup, pelumas dipompa oleh mesin sehingga alur keping rantai dan rantai gergaji mendapat pelumasan. Untuk jenis gergaji yang sistem pelumasannya tidak otomatis, minyak dapat mengalir kedalam alur keping rantai dan rantai gergaji dengan jalan menekan tombol pompa dengan ibu jari. Pelumas rantai dapat diperiksa dengan cara meletakkan sehelai kertas dimuka gergaji yang dihidupkan. Bila pelumasan baik, maka minyak akan memercik pada kertas tersebut.

  1. Metode Penggunaan Chainsaw
    1. Periksa kondisi chainsaw apakah dalam keadaan baik atau tidak
    2. Periksa kondisi rantai chainsaw, pastikan terpasang dengan baik
    3. Periksa bahan bakar chainsaw sudah terisi
    4. Nyalakan mesin chainsaw dengan menarik starter hingga mesin menyala
    5. Pada handle chansaw terdapat pengunci gas yang harus ditekan pada saat gas juga ditekan
    6. Chainsaw siap digunakan
  1. Hal Yang Perlu Diperhatikan Pada Saat Menggunakan Chainsaw
    1. Sebelum pekerja menggunakan mesin chainsaw, pekerja diharuskan menggunakan alat pengaman seperti kacamata, sarung tangan, dan pentutup telinga.
    2. Pekerja diharuskan menggunakan pakaian yang sesuai dengan standarisasi dan bersepatu
    3. Pada saat membawa dan menggunakan chainsaw, pekerja berada dalam posisi senyaman mungkin dan posisi kaki kuda-kuda
    4. Untuk pekerja pemula, pada saat pemotongan posisi chainsaw diletakkan pada batang kayu agar tidak terjadi lost.
    5. Pada saat melakukan pemotongan dengan menggunakan chainsaw posisi tangan kiri memegang handle bagian atas untuk mengarahkan ke kanan dan ke kiri. Sedangkan tangan kanan mengarahkan chainsaw ke depan dan ke belakang agar rantai tidak terjepit.

Kelebihan Chainsaw

Berdasarkan Alat :

Dapat memotong dan membelah kayu dengan cepat dan hasil pemotongan yang diperoleh lebih rapi, biaya perawatan murah

Berdasarkan SDM :

Tidak memerlukan energi dan tenaga yang besar dari pekerja, sehingga produktivitas kerja dapat meningkat

 

Kekurangan Chainsaw

Berdasarkan Alat :

Memiliki spilasi 10 cm, sehingga mengurangi kuantitas hasil

Berdasarkan SDM :

SDM harus terdidik dan terlatih, dapat menimbulkan resiko kerusakan tubuh yang cukup besar seperti kecelakan dan ketulian, junlah yang sedikit akan mempengaruhi sosial ekonomi masyarakat sekitar hutan

About baskara90

Terima kasih kepada siapa saja yang telah membuka blog ini. Saya adalah Hafiizh Baskara. Seorang pria yang terlahir di Jombang pada tanggal 17 Juli 1990. Dari pasangan Suami-Istri yaitu Drs. Adi Rahardjo dan Dra. Surjani Hasana, dan kini beliau berdua memiliki tiga putra. Hafiizh Baskara, Zahdiar Radin, dan Yunia N. Azizah. Untuk saat ini saya sedang melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan - Institut Pertanian Bogor. Dan untuk saat ini penulis sedang duduk di semester lima. Aktivitas lain selain kuliah adalah menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan kecil yaitu "D'art Painting Company". merupakan sebuah perusahaan kecil yang terkonsentrasi di bidang Sepatu Lukis (Painting Shoes) dan di bidang konveksi. Pemuda dengan tinggi badan 187 cm ini menyenangi segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis, IT, dan olah raga. sebuah impian yang selalu ingin di capai untuk saat ini adalah ingin menjadi seseorang yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Desember 2010
S S R K J S M
« Okt   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
%d blogger menyukai ini: