//
you're reading...
Artikel Terbaru

Ulat Sutra

Sutera dikenal sejak 2500 SM di negeri Cina pada masa dinasti Han.  Pada waktu itu sutera erat kaitannya dengan budaya dan tradisi orang-orang bangsawan.  Dengan keindahan dan kehalusannya sutera menjadi keharusan dalam budaya Cina, disamping diperjualbelikan ke negara-negara Eropa dan Asia lainnya.  Melalui perdagangan inilah sutera menyebar ke banyak negara di dunia termasuk ke Indonesia. Pertama kali sutera dikenalkan di Indonesia oleh orang Jepang pada tahun 1927 di Kabupaten Garut, Jawa Barat yang selanjutnya menyebar luas pada tahun 1947.

Ulat sutera termasuk ke dalam ordo Lepidoptera, memiliki tipe metamorphosis sempuna dimana terdapat tahapan telur-larva-pupa-imago. Ketika telur ulat sutera menetas maka akan keluar larva yang berwarna hitam, kemudian larva tersebut akan melewati beberapa instar sehingga menjadi pupa. Instar tersebut ditandai dengan adanya proses ganti kulit yang dialami oleh ulat tersebut. Proses dari menetas sampai ganti kulit pertama disebut instar pertama, ganti kulit kedua sampai ganti kulit kedua disebut instar kedua dan seterusnya

Dalam melakukan kegiatan pemeliharaan ulat sutera, aspek makanan merupakan hal yang harus diperhatikan agar ulat tetap dapat hidup selain dari faktor kebersihan. Makanan yang biasa dikonsumsi oleh ulat sutera adalah daun murbei. Biasanya daun yang digunakan untuk makanan ulat sutera diambil dari daun 2 – 4 dari pucuk tanaman. Karena apabila terlalu muda atau terlalu tua daun tersebut, maka ulat sutera tidak dapat menkonsumsinya. Usahakan daun yang digunakan jangan basah, karena kondisi tersebut tidak cukup bagus untuk pertumbuhan ulat sutera.

Ulat sutera (Bombyx mori) adalah serangga yang masuk dalam Ordo Lepidoptera. Keluarga ini mencakup semua jenis kupu-kupu dan ngengat. Ulat sutera mengalami masa metamorfosa sempurna. Setiap generasi melewati empat fase, yakni fase telur, larva atau ulat, pupa,serta ngengat atau wujud kupu-kupu pada ulat sutera.

Ulat sutera membuat kokon, terutama untuk melindungi diri selama menjalani fase metamorfosa sebagai pupa. Fase ini lebih kurang membutuhkan waktu dua pekan. Ketika baru menetas, ulat hanya memiliki panjang tiga milimeter. Setelah sehari, ulat bertambah panjang menjadi sekitar tujuh milimeter. Selama menjalani fase larva, ulat sutera mengalami empat kali ganti kulit dan lima periode makan. Periode makan ini disebut Instar.

Sebutan Mori di belakang Bombyx Mori atau ulat sutera, merujuk pada makanannya, daun murbei. Bentuk fisik ulat sutera sangat khas. Fisik ulat sutera terbagi ke dalam tiga bagian utama. Yakni kepala, bagian thorax, serta abdomen atau tubuh. Di bagian kepala terdapat antena sebagai organ syaraf perasa. Ada rahang untuk mengunyah makanan. Ada pula mata dan masih ada spinneret, tempat keluarnya filamen sutera. Siklus hidup ulat sutera sejak bayi hingga masa kawin serta bertelur hanya berlangsung selama kisaran waktu satu bulan. Kupu-kupu melewati fase perkembangan hidup sebagai pupa kurang lebih dua pekan. Kupu-kupu baru bisa keluar setelah mengeluarkan cairan liur, khusus untuk melubangi kokon rumah serat sutera yang dibangunnya selama tiga hingga lima hari tanpa henti.

About baskara90

Terima kasih kepada siapa saja yang telah membuka blog ini. Saya adalah Hafiizh Baskara. Seorang pria yang terlahir di Jombang pada tanggal 17 Juli 1990. Dari pasangan Suami-Istri yaitu Drs. Adi Rahardjo dan Dra. Surjani Hasana, dan kini beliau berdua memiliki tiga putra. Hafiizh Baskara, Zahdiar Radin, dan Yunia N. Azizah. Untuk saat ini saya sedang melanjutkan studi di Fakultas Kehutanan - Institut Pertanian Bogor. Dan untuk saat ini penulis sedang duduk di semester lima. Aktivitas lain selain kuliah adalah menjadi seorang desainer grafis di sebuah perusahaan kecil yaitu "D'art Painting Company". merupakan sebuah perusahaan kecil yang terkonsentrasi di bidang Sepatu Lukis (Painting Shoes) dan di bidang konveksi. Pemuda dengan tinggi badan 187 cm ini menyenangi segala sesuatu yang berhubungan dengan desain grafis, IT, dan olah raga. sebuah impian yang selalu ingin di capai untuk saat ini adalah ingin menjadi seseorang yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kalender

Januari 2011
S S R K J S M
« Des   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
%d blogger menyukai ini: